Minggu, 21 Januari 2018

INFORMASI TENTANG JARINGAN KOMPUTER

                            

Apa Itu Jaringan?

Jaringan (network) adalah sebuah sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain. Masing-masing nodes berfungsi sebagai stasiun kerja (Workstations) dan dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.


Sejarah Jaringan Komputer

Apabila melihat dari awal terbentuknya ide penggunaan jaringan komputer, maka kira – kira sudah lebih dari 70 tahun lamanya dan teknologi jaringan komputer ini mulai digunakan pertama kali pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken.

Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.

Lalu pada tahun 1950 perkembangan sistem jaringan komputer semakin lebih baik. Dalam hal ini diwujudkan dalam bentuk penemuan konsep distribusi proses berdasarkan waktu atau yang lebih dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Dengan konsep tersebut untuk pertama kalinya bentuk jaringan komputer diaplikasikan.

Macam-Macam Jaringan Komputer

secara umum kita kenal ada 5 macam, yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), Internet dan Wireless (jaringan tanpa kabel). Sebenarnya, konsep dari Jenis Jaringan Komputer sama, yaitu untuk menghubungkan berbagai perangkat jaringan untuk dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Hanya yang membedakan adalah dari letak geologis-nya (mencakup wilayah dan area jaringan) dan teknologi yang digunakan (seperti penggunaan jenis kabel yang berbeda, IP Addressing sesuai kelas-nya, dan sistem keamanan (security) yang berbeda).


1. Local Area Network (LAN)
                         
Jaringan ini merupakan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource misalnya, printer, scanner dan saling bertukar informasi.


2. Metropolitan Area Network (MAN)
                        
Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jenis jaringan yang lebih luas dan lebih canggih dari LAN dengan transfer data berkecepatan tinggi dengan jangkauan 10 hingga 50 km yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan dan sebagainya.


3. Wide Area Network (WAN)
                     
Jaringan dapat mencakup area yang lebih luas dan lebih canggih daripada LAN dan MAN. WAN dapat menghubungkan suatu wilayah bahkan negara lain.

Topologi Jaringan Komputer

Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya.

  • Topologi Ring

Sesuai dengan namanya, yaitu ring atau cincin, maka semua komputer pada jaringan dengan topologi ring dihubungkan satu dengan yang lainnya sehingga membentuk sebuah cincin. yang meliputi Topologi Bus,Star,Ring.


  • Topologi Bus

Pada topologi bus, semua komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut dihubungkan melalui sebuah bus atau jalur komunikasi data yang berupa kabel coaxial yang berfungsi sebagai pembawa sinyal dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.


  • Topologi Star

Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub atau switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain.


Keuntungan Menggunkan Jaringan Internet

Saat ini perkembangan dari jaringan komputer bertambah pesat dan menjadi semakin luas lagi. Hingga saat ini, sudah lebih dari puluhan juta penduduk Dunia memiliki komputer yang saling terhubung dengan jaringan komputer. Saat ini, jaringan komputer yang paling banyak digunakan adalah jaringan internet dan ada beberapa alasan yang mendasari mengapa banyak orang memilih untuk masuk ke dalam jaringan internet antara lain adalah.
  • Kemudahan dalam melakukan akses internet
  • Biaya akses yang cenderung murah
  • Bisa melakukan update informasi terkini
  • Fitur sosial, seperti chatting, email, dan juga sosial media
  • Penggunaan Internet sebagai jaringan e-commerce untuk berbelanja online
  • Sudah banyak pula provider yang menyediakan layanan jaringan internet
  • Banyak informasi baru yang bisa kita akses dengan sangat mudah.
  • Jaringan Internet memang menawarkan banyak kemudahan dan juga kenyamanan.
Sekian ulasan mengenai Pengertian, Sejarah dan Jenis Jaringan Komputer. Semoga dapat bermanfaat bagi anda sekalian dan bisa manambah wawasan serta pengetahuan, semoga tulisan pendek saya ini mudah dipahami dan nantikan artikel terbarunya dari saya ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar